oleh

Pangdam IM pimpin Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023

-NEWS-2 dilihat

BANDA ACEH – Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023, di Lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh. Jumā€™at (15/12/23) pagi.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. yang dibacakan oleh Pangdam IM, beliau mengajak para peserta Upacara untuk senantiasa memanjatkan Puji Syukur ke Hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa,

Karena atas limpahan Rahmat Nya, kita dapat melaksanakan Upacara Hari Juang TNI AD Tahun 2023 dalam keadaan sehat wal’afiat.

Kasad mengucapkan “Selamat Hari Juang TNI AD Ke – 78 Tahun 2023” kepada segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AD beserta keluarga, teriring ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdiannya selama ini.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan bahwa Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

Saat itu, Jenderal Sudirman dengan keteguhan dan keberaniannya memimpin pasukan di Pertempuran Ambarawa. Meski dalam kondisi sakit, tidak pernah menyerah dan terus memimpin pasukan.

Kasad menambahkan bahwa Hari Juang TNI AD kali ini mengusung tema “TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI”.

Tema ini memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu bahwa kita harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD dan Rakyat, meningkatkan kemampuannya dan berperan aktif dalam pelestarian alam.

Karena kemanunggalan TNI AD – Rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan di era globalisasi saat ini, dimana kita menghadapi berbagai macam tantangan, seperti perang asimetris, perubahan iklim dan potensi konflik sosial.

Kasad juga mengajak untuk bersama-sama wujudkan cita-cita para pahlawan, yaitu menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Semoga TNI AD senantiasa menjadi alat negara yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif serta selalu siap sedia untuk membela keutuhan NKRI.

ā€œKita akan segera memasuki tahun politik tahun 2024. Belajar dari pengalaman sebelumnya, situasi di tahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan oleh perbedaan-perbedaan pandangan politik yang seringkali disusupi oleh kelompok-kelompok radikal dan intoleranā€. imbuhnya.Ā 

Mengakhiri amanatnya Kasad berpesan kepada seluruh Prajurit untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan tugas masing-masing, dan selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI.

Selesai upacara, Pangdam IM berserta para pejabat utama melanjutkan acara pengumuman pemenang lomba Karya Bhakti TNI AD Ta. 2023 yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, secara virtual yang diikuti oleh seluruh jajaran Kodam se-Angkatan Darat.

Hadir dalam Upacara tersebut Kasdam IM, Irdam IM, Kapok Sahli Pangdam IM, Para Asisten Kasdam IM, para Kabalakdam IM, serta para Prajurit dan PNS Kodam (*)