oleh

Makatita Kepada Pimpinan OPD: Jangan Bercermin pada Kaca Yang Retak

MANOKWARI- Pimpinan OPD di lingkup pemkab Manokwari diharapkan mampu memberikan teladan positif kepada bawahannya.

Hal tersebut disampaikan Sekda Manokwari, Aljabar Makatita, saat memimpin apel gabungan pagi di kantor eks Polda, Jalan Pahlawan, (25/3).

Dikatakan Ajabar, salah satu contoh teladan positif pimpinan OPD kepada staf yakni semangat dan kebersamaan dalam melaksanakan apel gabungan setiap Senin pagi.

Baca Juga  KaKemenag Kabupaten Wajo, Lantik Pejabat Struktural Dan Fungsional Penghulu.

“Kalau pejabat strukturalnya tidak hadir, bagaimana dengan stafnya, begitupun Eselon ll, bagaimana dengan pejabat strukutral dibawahnya, karena staf tidak melihat kebawah tapi melihat kelakuan pimpinannya,” kata Aljabar Makatita.

“Pimpinan harus bercermin pada kaca yang utuh, jangan bercermin pada kaca yang retak, karena jika bercermin di kaca yang retak maka kita tidak bisa melihat diri kita secara utuh,” lanjut Aljabar.

Baca Juga  Desa Pantai Timur Menyalurkan BLT DD dan BST Tahap Terakhir

Kiasan yang dimaksudkan Aljabar artinya bahwa seorang pemimpin yang baik harus bisa memberikan contoh sifat yang baik pula bagi staf.

Hal yang paling penting adalah seorang pemimpin harus mau melakukan instropeksi diri sebagai kunci perubahan. Karena lewat perubahan tersebut, pemimpin akan menjadi orang yang bijaksana dalam menentukan pilihan dan mengambil keputusan yang baik dalam birokrasi.