oleh

Pengaruh Limbah Rumah Tangga Perumahan CITRA GARDEN bagi Lingkungan

GOWA РLembaga Poros Rakyat Indonesia soroti limbah lingkungan Perumahan Citra Garden, Kelurahan Paccinongan Kecamatan Somba Opu, Kab Gowa Setiap ru­mah tangga menghasilkan limbah yang bila tidak dita­ngani dengan baik akan ber­dampak buruk bagi kondisi lingkungan.

Lembaga Poros Rakyat Indonesia tegas meminta kepada management perumahan Citra garden untuk memberikan penjelasan kepada kami atas kondisi yang mengancam masa depan masyarakat sekitarnya.

Limbah rumah tangga merupakan buangan berbentuk cair dan padat baik dari dapur, kamar mandi dan cucian.limbah ini cukup ber­bahaya bagi lingkungan, juga mengganggu kesehatan masyarakat sekitarnya.

Sebab dalam lim­bah tersebut banyak terdapat kuman dan bakteri yang me­nyebabkan banyak penyakit.

Ditambahkan bahwa limbah rumah tangga juga ter­golong dalam limbah B3 yaitu salah satu limbah berbahaya yang merujuk pada bahan berbahaya dan beracun ka­rena sifatnya yang dapat merusak, men­cemari lingkungan, dan mem­baha­ya­kan kesehatan manusia baik se­ca­ra langsung maupun tidak lang­sung.

Limbah ru­mah tangga sendiri memiliki kadar limbah yang lebih ting­gi dibandingkan limbah industri.

Limbah rumah tangga baik yang ber­bentuk cair dan padat dapat men­cemari ta­nah, merusak ekosistem air, pengaruhnya pada sumber air minum ma­syarakat, menye­babkan bibit pe­nyakit.dan menimbulkan bau yang ti­dak sedap.

Salah satu limbah rumah tangga berbentuk cair yaitu sisa air cucian yang mengan­dung detergen dan sa­bun. Detergen yang memiliki daya cuci yang lebih baik daripada sabun ka­rena mengandung surfaktan atau bahan pemba­sah yang menurunkan te­gangan permukaan air. peng­gunaan detergen dapat mele­paskan partikel kotoran dari pakaian dan terlarut da­lam air.

Kami tegaskan bahwa keberadaan lokasi Perumahan Citra Garden lebih tinggi dari perkampungan warga sekitarnya, sehingga sangat riskan trrjadi PENCEMARAN KOTORAN TINJA ke sumber Air masyarakat,

Untuk masa yang akan datang bisa menimbulkan pen­cemaran yang membuat air menjadi berbau, membaha­ya­kan kehidupan warga sekitar mere­sap ke sumur-sumur masyarakat, menye­babkan kanker, dan sulit di­uraikan oleh bakteri.

Bah­kan belum ada teknologi yang mampu mengolah limbah de­tergen secara sempurna termasuk instalasi pengolahan air milik PAM dan instalasi pengolahan air limbah in­dus­tri.

Melihat dampak limbah rumah tang­ga yang sangar besar terhadap ling­kungan maka kami Lembaga Poros Rakyat Indonesia kembali menegaskan kepada pihak management perumahan Citra garden untuk mampu menjelaskan KAJIAN DAMPAK LINGKUNGAN Kepada kami.

Kami butuh penjelasan yang Rasional dan di jamin atas SERTIFIKAT KAJIAN DAMPAK LINGKUNGAN HIDUP dari tiem Independen yang memahami ilmunya.