oleh

Dandim 0619/Purwakarta Apresiasi Jelang HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Pemda Purwakarta Rangkul Para Veteran dan Pejuang Kemerdekaan

PURWAKARTA โ€“ Pemerintah Kabupaten Purwakarta bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menunjukkan perhatiannya kepada para pejuang dan veteran

Melalui kegiatan Riung Mungpulung Tetengger Nagri di Pendopo Komplek Pemkab Purwakarta, Senin (15/8/2022).

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam sambutannya menyampaikan, betapa besar sumbangsih para pejuang kemerdekaan. Bahkan, sampai saat ini pun energi maupun nasihatnya masih sangat dibutuhkan.

Riung mungpulung yang dilaksanakan sebelum pelaksanaan HUT Ke-77 RI, bukan hanya sekadar seremonial tapi lebih dari itu,

yakni memupuk nilai-nilai perjuangan untuk melanjutkan kemerdekaan sesuai dengan harapan para pejuang,โ€ kata Ambu Anne, panggilan akrab bupati.

Pemkab Purwakarta, sambungnya, berencana memberikan wadah atau rumah bersama untuk para pejuang, dan saat ini sudah dibahas untuk dibuatkan kantor pejuang.

โ€œPR bagi Pemda Purwakarta yaitu semua elemen masyarakat Purwakarta mempunyai spirit yang sama dan tertanam dasar pantang menyerah untuk kepentingan bangsa dan negara,โ€ ujarnya.

Sementara itu, mewakili para pejuang, Sekretaris Umum Dewan Harian Daerah (DHD) Badan Pembudayaan Kejuangan (BPK) 45

Jawa Barat Mayjen TNI (Purn) Robby Win Kadir mengingatkan, proklamasi kemerdekaan merupakan titik perjuangan Indonesia yang wajib disyukuri.

โ€œMerebut kemerdekaan merupakan proses panjang, jiwa semangat 45 merupakan nilai luhur Indonesia yg merupakan ciri dan karakter bangsa Indonesia.

Karena itu, hendaknya bersama-sama mencermati jati diri, visi dan misi nilai-nilai juang 45 dalam menentukan masa depan,โ€ ucapnya.

Dirinya pun menegaskan Pancasila dan UUD 45 merupakan nilai nilai dasar negara Indonesia dan merupakan roh bangsa Indonesia yang menjadi pokok pokok fundamental.

โ€œMemasuki tahun politik, kita boleh berbeda partai, berbeda pilihan, tapi tidak untuk menjadikan perpecahan. Semoga seluruh komponen bangsa bisa mencapai satu tujuan,โ€ katanya.

Terpisah, Dandim 0619/Purwakarta menyebutkan, kemerdekaan Indonesia tak lepas dari perjuangan dan pengorbanan para pejuang.

โ€œNilai-nilai inilah yang sudah seharusnya kita terapkan dalam mengisi kemerdekaan Indonesia,โ€ ujar Dandim.

Pihaknya pun mengapresiasi Pemkab Purwakarta yang telah memberikan perhatian kepada para pejuang melalui kegiatan riung mungpulung ini.

โ€œSemoga ke depan bisa terus terselenggara dan merangkul lebih banyak lagi para pejuang,โ€ ucapnya.